Kamis, 28 Februari 2013

5 Manfaat kesehatan daun salam koja


5 Manfaat kesehatan daun salam koja
Daun salam koja, atau biasa disebut juga curry leaf, adalah daun salam yang biasa digunakan dalam masakan kari. Daun ini memberikan aroma khas pada kuah kari yang kental.
Kebanyakan orang akan membuang daun salam ini begitu saja saat memakan kari. Padahal, daun ini juga bisa memberikan banyak manfaat jika dimakan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan daun salam koja, seperti dilansir oleh Times of India (23/08).
1. Daun salam koja baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan mual. Campur ekstrak daun salam koja, kemudian tambahkan lemon dan gula.
2. Mengunyah beberapa lembar daun salam koja setiap hari juga bisa menurunkan berat badan, lho!
3. Daun salam koja juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Jika tak suka memakannya dalam keadaan mentah, maka makanlah bersama masakan kari.
4. Daun salam koja juga diketahui dapat mencegah tumbuhnya uban di usia dini.
5. Untuk menjaga kesehatan rambut, daun salam koja juga bisa digunakan. Caranya, campurkan daun salam koja dengan minyak rambut dan rebus selama beberapa menit. Gunakan campuran tersebut sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.
Itulah beberapa manfaat kesehatan dari daun salam koja untuk kesehatan Anda. Tambahkan juga daun salam koja pada menu diet untuk membantu Anda mengurangi berat badan.
http://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-kesehatan-daun-salam-koja.html

Efek Samping Daun Sirih


efek samping daun sirih

Belakangan ini semakin banyak orang yang beralih kepada bahan-bahan herbal tradisional untuk mengatasi beberapa keluhan penyakit. Hal ini disebabkan karena harga yang ditawarkan penyembuhan secara herbal lebih murah bila dibandingkan dengan metode kedokteran dan juga karena alami maka efek samping yang ditimbulkan juga sangat minimal. Salah satu dari sekian banyak tanaman herbal yang saat ini sering mendapat perhatian lebih adalah Daun Sirih.

Daun sirih memang telah lama dikenal memiliki kandungan yang luar biasa dan dapat dimanfaatkan terutama sebagai antiseptik dan antibiotik yang cukup kuat. Karena kandungannya tersebut, seringkali daun sirih digunakan secara berlebihan sehingga menimbulkan efek negatif. Beberapa hal yang seringkali menjadi efek samping daun sirih adalah sebagai berikut :


  • Daun Sirih yang Diminum
Beberapa orang seringkali mengkonsumsi rebusan daun sirih setiap hari untuk pencegahan penyakit tertentu. Hal ini sebenarnya kurang baik karena salah satu manfaat daun sirih adalah antiseptik dan antibiotik yang cukup kuat. Jika dikonsumsi setiap hari akan memiliki efek samping yang kurang baik bagi pencernaan. Seperti yang kita ketahui, dalam organ pencernaan kita hidup bakteri jahat dan bakteri baik. Dengan konsumsi rebusan air daun sirih setiap hari akan mematikan tidak hanya bakteri jahat tetapi juga bakteri baik.

  • Daun Sirih yang Digunakan sebagai Pembersih Daerah Kewanitaan
Para wanita memang diharuskan menjaga kesehatan daerah kewanitaannya. Jika daerah kewanitaan seseorang memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi biasanya akan timbul bau yang kurang sedap. Banyak orang membersihkan daerah kewanitaannya dengan rebusan air daun sirih sebagai unsur basa untuk menetralisir tingkat keasaman tersebut. Jika dilakukan setiap hari bakteri baik yang ada di organ kewanitaan juga akan ikut mati. Selain itu biasanya akan timbul iritasi karena daerah kewanitaan tersebut menjadi kering.

Sebenarnya daun sirih karena sifatnya yang alami tidak akan memiliki efek samping apabila kita menggunakannya dengan bijak dan sesuai dengan dosis yang ditentukan.
http://manfaatdaunsalam.blogspot.com/2012/06/efek-samping-daun-sirih.html#more

Daun Salam Ampuh Turunkan Kolesterol


Berbagai rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan memiliki khasiat masing-masing. Salah satunya, daun salam dengan salah satu manfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.
Untuk penyedap masakan, daun salam seringkali disertakan karena menghasilkan aroma sedap dari kandungan minyak atsiri sitral dan eugenol.
“Sifatnya hipoglikemik atau bisa menurunkan kadar, dalam hal ini kolesterol, meski bisa juga digunakan sebagai obat herbal beberapa penyakit,” kata pengelola Jamu Jogja yang terletak di Jalan Magelang, Kurniati, Kamis (21/6).
Seperti bahan herbal lainnya, konsumsi daun salam untuk pengobatan tidaklah rumit. Cara konsumsi biasanya dicampurkan dengan air dan direbus, setelah itu air rebusan diminum dengan pada saat tertentu.
Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang diproduksi di dalam liver dan berasal dari makanan berlemak yang biasa kita konsumsi. Dua jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein yang menempel pada pembuluh darah dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein.
LDL merupakan penyebab berbagai macam penyakit jika jumlahnya berlebih, dengan demikian LDL dalam tubuh perlu dikendalikan. “Nah kolesterol LDL salah satunya bisa dikendalikan dengan menggunakan daun salam. Rebusan daun salam yang dikonsumsi setiap hari ternyata mampu mengontrol kolesterol jahat itu,” tegas Kurnia.
Menurutnya, untuk penderita kolesterol tinggi bisa meramu minuman herbal daun salam dengan mengambil tujuh lembar daun salam untuk direbus di dalam tiga gelas air diminum pagi dan sore. “Rebus hingga menyisakan segelas air daun salam, akan lebih baik kalau merebus dicampur 30 gram daun cermai,” ujar dia.
Lebih lanjut, dikatakan apoteker Septi Dwi, selain sitral dan eugenol, daun salam juga memiliki kandungan kimia lainnya yakni tannin dan flavonoida sebagai zat yang mampu menurunkan kolestrol. Diketahui, kandungan tersebut juga berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.
Selain itu, zat aktif eugenol dan etanol dalam daun salam dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit perut. “Secara pengobatan ada juga yang memilih menghambat diare dengan rebusan daun salam, secara kimiawi memang ada zat untuk menghambat bakteri E.Coli,”
http://www.solopos.com/2012/06/22/daun-salam-ampuh-turunkan-kolesterol-195702

Manfaat Daun Salam sebagai Penurun Asam Urat


Penyakit asam urat disebabkan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Pada keadaan normal, asam urat terdapat di dalam tubuh dan terbentuk sebagai hasil samping dari pemecahan sel terdapat dalam darah karena tubuh secara berkesinambungan memecah dan membentuk sel yang baru. Kadar asam urat dapat meningkat secara signifikan ketika ginjal tidak sanggup mengeluarkannya melalui air kemih. Tubuh juga dapat membuat asam urat dalam jumlah sangat tinggi karena adanya abnormalitas suatu enzim atau serangan suatu penyakit disamping juga karena pengkonsumsian makanan yang tinggi purin.
Beberapa tanda – tanda sesorang terkena asam urat :
  • Adanya peningkatan asam urat darah.
  • Terdapat kristal asam urat yang khas dalam cairan sendi.
  • Terjadi lebih dari satu kali serangan nyeri di persendian.
  • Adanya serangan di satu sendi, terutama sendi di ibu jari kaki.
  • Sendi tampak kemerahan.
  • Adanya pembengkakan tidak simetris di satu sendi.
Beberapa factor resiko pemicu terjadinya penyakit asam urat :
  • Seseorang dengan berat badan berlebihan (obesitas)
  • Peminum alkohol.
  • Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit asam urat.
  • Kurang minum air putih.
  • Memiliki gangguan ginjal dan hipertensi.
  • Mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan sehari-hari yang mengandung purin tinggi (makanan laut, makanan kaleng, jeroan, kacang-kacangan, dll)
  • Menggunakan obat-obatan dalam jangka waktu lama.
  • Menderita penyakit diabetes mellitus.
Salah satu herbal yang sering digunakan dalam mengatasi penyakit asam urat  adalah daun salam. Manfaat daun salam dalam mengatasi asam urat dikarenakan kandungan zat aktif di dalamnya seperti tannin, flavonoid dan minyak atsiri (sitrat dan eugenol). Daun salam berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretic) dan penghilang nyeri (analgetik). Sebagai diuretic, daun salam mampu memperbanyak produksi urine sehingga dapat menurunkan kadar asam urat darah.
http://www.jamuborobudur.com/manfaat-daun-salam-sebagai-penurun-asam-urat/

Selasa, 26 Februari 2013

Temu putih

Temu putih, jika dilihat sepintas lalu tanaman ini mirip dengan temulawak, ataupun temu kunci. perbedaannya akan terlihat bila kita melihat rimpangnya yang berwarna putih, daun temu putih berwarna merah gelap. Temu putih merupakan jenis tanaman yang berumur tahunan, temu putih merupakan jenis tanaman rimpang yang cukup besar dan tingginya mampu mencapai dua meter. Temu putih tidak tumbuh merumpun namun hanya memiliki beberapa batang yang tumbuh dengan jarang.
temu kunci
Temu putih
Sumber gambar : http://temuputih.com/
Rimpang temu putih merupakan jenis umbi batang, berbentuk bulat dan gendut, serta sangat mudah sekali dipatahkan. Rimpangnya dipenuhi oleh akar akar yang besar dan kaku, jenis batangnya tersusun dari gabungan kelopak-kelopak daun dan berbatang semu.
Temu putih banyak dibudidayakan di Malaysia, Indonesia dan Filipina, Khusus di Indonesia Temu putih sering kita temukan tumbuh dengan liar khasusnya didaerah Jawa, Ambon, hingga ke Irian. Dalam membudidaya temu putih cukup dengan memisahkan anakan atau rimpangnya yang memiliki mata tunas.
Khasiat temu putih sudah lama dikenal di Negara kita, ini tentunya karena temu putih diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita. Dan Berikut ini adalah beberapa khasiat temu putih dan cara mengolahnya :

  1. Mengobati keseleo
    • Ambil beberapa buah rimpang temu putih
    • Bersihkan
    • Tumbuk atau diparut sampai halus
    • Tempelkan pada bagian yang keseleo, biarkan sampai kering, supaya tidak mudah lepas sebaiknya dibungkus dengan kain atau perban.
  2. Memulihkan tenaga Bagi yang habis melahirkan
    • Ambil beberapa buah rimpang temu putih yang masih segar
    • Cuci sampai bersih
    • Jadikan Rimpang temu putih sebagai lauk makan nasi
  3. Khasiat lain temu putih
    • Temu putih juga bagus untuk jamu maupun sebagai bumbu masakan, karena bermanfaat untuk menghangatkan badan, menambah nafsu makan, menghilangkan nafas tidak sedap, menguatkan syahwat, sebagai obat luka, peluruh cacingan pada anak-anak, memperbaiki penglihatan yang kabur atau tidak jelas, obat demam, tumor, TBC, limpa bengkak, sakit ayan serta wasir. Selain dari itu khasiat temu putih juga bagus untuk menyegarkan otak dan jantung, merangsang muntah saat terkena racun, pelancar haid bagi wanita, pelancar dahak, kentut.
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun alami kali ini tentang khasiat temu putih yang kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan, mudah-mudahan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dibidang pengobatan misteri khasiat temu putih akan semakin terbuka.
http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/11/khasiat-temu-putih.html

Temu kunci (Curcuma xanathorriza Roxb)

Khasiat temu kunci - Temu kunci (Curcuma xanathorriza Roxb) adalah jenis tanaman semak liar tahunan, tingginya mencapai sekitar 30 cm. Batangnya tersusun dari pelepah-pelepah daun yang terpadu. Dengan daun berbentuk bulat dan menjorong keujung dan kepangkal, dengan permukaan daun yang licin dibagian bawahnya, berwarna hijau dan tidak berbulu. Tulang daun nya besar serta berlapis-lapis seperti semburan cahaya matahari, ukuran daun nya (lebar) 4,5-10 cm dan panjangnya 32-38 cm, Jumlah daunnya pertanaman sekitar 4-5 helai daun. Bentuk bunganya seperti tabung tegak dengan ujung melengkung, bentuk tangkai bunganya pendek sehingga kelihatan seperti duduk, panjang mahkota bunga temu kunci sekitar 5 cm dan bunganya memiliki warna putih agak merah jambu atau pucat. Rimpang temu kunci tumbuh mendatar serta beruas-ruas, dengan akar berair, tebal, gemuk dan bentuknya seperti cacing.
Jenis tanaman temu kunci tersebar didaratan Asia, mulai dari Myanmar, Konkan, Andaman, Malaysia, hingga keindonesia khususnya kepulauan Jawa. Awal kemunculannya tanaman temu kunci banyak tumbuh liar dihutan jati, kepulauan jawa, Temu kunci sangat cocok ditanam ditanah liat dan mampu tumbuh dengan subur.
khasiat temu kunci
Temu kunci
Sumber gambar : http://www.pelauts.com/rimpang/rimpang-temu-kunci.html
Dalam hal membudidayakan tanaman temu kunci melalui mata tunas, untuk tanaman temu kunci yang sudah tua akan memiliki satu mata tunas paling tidaknya. Cara membudidayakannya ambil tunas rimpangnya dan pisahkan dari induknya yang terdapat akar, dan dipisahkan dari induknya.
Temu kunci merupakan jenis tanaman herbal, ini tentunya karena khasiat dan kandungan kimia yang terdapat didalam tanaman tersebut diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang diderita, secara kimia temu kunci banyak mengandung minyak asiri seperti sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin dan pati.
Untuk beberapa daerah dan bahasa, temu kunci memiliki mana yang berbeda-beda seperti bahasa ilmuannya Curcuma xanthorriza Roxb, temu besar bahasa melayu, koneng gede atau temu raya untuk bahasa sunda dan labak untuk bahasa madura.
Khasiat temu kunci secara turun temurun (keyakinan nenek moyang) sangat banyak sekali, terutama untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengobati sariawan, cara mengunakannya juga cukup mudah dan sangat tradisional anda cukup mengambil rimpang temu kunci dikunyak kemudian ditelan (dimakan), tindakan tersebut juga diyakini mempu mengobati batuk kering.
Untuk mengobati sariawan tersebut tentunya bukan hanya satu-satunya dari khasiat temu kunci dan masih banyak yang lainnya seperti, sulit kencing, perut kembung pada anak-anak, kurap, cacingan dan masih banyak lagi khasiat-khasiat yang lain dari temu kunci tersebut.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb)


Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb) merupakan jenis tanaman dari keluarga Zingiberaceae, dan termasuk anggota temu-temuan lain seperti kunyit, lengkuas dan jahe. Temulawak adalah salah satu jenis tanaman yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Asia tenggara. Temulawak sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Menurut beberapa sumber temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia, yang menyebar keberbagai negara seperti Malaysia, Cina bagian selatan, Thailand, Birma, India dan Filipina.
Khasiat temulawak sangat banyak digunakan sebagai obat, sumber karbohidrat, bahan penyedap masakan dan minuman, serta pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. Temulawak termasuk tanaman yang prospektif untuk dikembangkan, semua bagian tanaman temulawak dapat dimanfaatkan, Hanya bagian yang paling berharga dan dapat dimanfaatkan untuk beberapa macam keperluan adalan rimpangnya.
Khasiat temulawak sebagai obat telah lama dikenal, baik didalam negeri maupun diluar Negeri, terutama di Jerman dan Belanda. Dalam farmakope Indonesia, Temulawak termasuk salah satu simplisia yang harus tersedia di apotek. Khasiat temulawak telah diketahui berdasarkan pengalaman (empiris) dan hasil penelitian. Penelitian-penelitian tentang manfaat temulawak telah banyak dilakukan baik itu di Indonesia maupun diluar Negeri, sehingga temulawak menjadi satu fitofarmaka.

Ilustrasi gambar : Temulawak
Sumber Gambar : http://albahar.wordpress.com/2010/10/21/temulawak-dipatenkan-asing/
Berdasarkan penelitian dan pengalaman, temulawak telah terbukti berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit telah terbukti khasiatnya dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit. Misalnya untuk pengobatan ganguan fungsi hati (lever), baik pada hepatitis maupun pada perlemakan hati. Sebagai obat gangguan hati, temulawak bekerja sebagai kolagoga, yakni meningkatkan produksi dan sekresi empedu, menurunkan kadar kolestrol hati dan meningkatkan enzim pemecahan lemak dihati, dalam bentuk rebusan dan ekstrak, temulawak dapat dipakai untuk mengobati kelelitiasis, kolesistitis dan kerusakan pada parenkim hati.
Temulawak dapat digunakan sebagai obat anti Inflamasi atau antiradang. Melalui aktivitas anti-inflamasinya, termasuk efektif untuk mengobati penyakit radang pada sendi, rematik atau artritis rematik. Melalui aktivitas hipokolesterolemiknya, temulawak dapat digunakan kadar lipoprotein densitis tinggi (HDL) kolestrol. Temulawak juga mempunyai sifat fungistatik atau anti jamur terhadap beberapa jamur golongan dermatophyta. Selain bersifat fungistatik, temulawak juga bersifat bakteriostatik atau anti bakteri pada mikroba jenis staphyllococcus dan salmonella.
Jika kita menelusuri khasiat temulawak lebih dalam lagi temulawak telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai ganguan kesehatan seperti untuk meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan sakit maag, batuk asma, asma sariawan, panas, malaria, ambeien, sembelit dan diare. Disamping itu khasiat temulawak juga dapat memperbanyak air susu ibu (ASI) mengobati ganguan saat nifas dan menstruasi, eksim, kencing nanah atau sifilis, kembung dan mulas, asam urat, sakit pinggang, pegel linu, hipertensi, kencing batu, membersihkan darah, kutu air, muntah-muntah, muntaber, serta mengatasi cacing pita. Secara umum pemakaian temulawak untuk pengobatan dalam bentuk ramuan, baik tunggal maupun campuran.
Sedangkan untuk dunia kecantikan atau kosmetik khasiat temulawak dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis jerawat. Sifat astringen yang terkandung didalam temulawak dapat menyebabkan oedema pada muara folikel rambut atau pori-pori kulit, sehingga secara langsung akan mengurangi sel kulit mati sebasea.
http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/10/khasiat-temulawak.html

Temu hitam (Curcuma aeruginosa)

Khasiat temu hitam - Temu hitam (Curcuma aeruginosa) adalah jenis tanaman semak belukar yang berumur tahunan, umbinya merupakan umbi batang atau rimpang dan berukuran besar serta bercabang merata, jika umbi yang sudah tua dipotong akan berwarna kebiruan seperti timah, warna kulit luar umbinya kuning dan mengkilap dengan ujung merah muda, tingginya batangnya mencapai 50 cm dangan batang berwarna hijau.
Temu hitam atau temu ireng merupakan tanaman liar dan banyak tumbuh dihutan jati, padang rumput ladang atau pekarangan rumah dengan ketinggian 400-750 m dari permukaan laut, menurut beberapa sumber tanaman temu hitam menyebar dari Myanmar, kemboja, Indocina dan sampai kepulau Jawa.
Secara kimia Rimpang temu hitam banyak mengandung minyak asiri, zat pati, damar, lemak, mineral dan tanin. Tanaman temu hitam merupakan tanaman obat karena diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit, dan berikut ini adalah beberapa khasiat temu hitam dan cara mengolahnya :

Tanaman Temu hitam atau temu ireng

  1. Mengatasi penyakit kulit (kudis, kurap, borok dan lain sebagainya)
    • Siapkan rimpang temu hitam sebesar jari
    • Cuci sampai bersih
    • Tumbuk sampai halus
    • Campur dengan minyak kelapa
    • Bentuk ramuan tersebut seperti kepalan dan tempelkan pada bagian yang sakit.
    • Untuk penderita penyakit kulit juga alangkah baiknya untuk meminum air ramuan temu hitam cara membuatnya :
      • Siapkan rimpang temu hitam sebesar jari telunjuk
      • Cuci sampai bersih
      • Rebus dengan volume air satu gelas sampai mendidih
      • Saring airnya
      • Minum air ramuan tersebut selagi hangat
  2. Menambah nafsu makan
    • Siapkan rimpang temu hitam secukupnya
    • Cuci sampai bersih
    • Parut rimpang temu hitam tersebut
    • Tambah dengan sedikit air
    • Peras ambil airnya
    • Minum air ramuan tersebut
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun sirsak kali ini tentang khasiat temu hitam, semoga bermanfaat dan cepat sembuh.
http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/10/khasiat-temu-hitam.html 

Serai (Cymbopogon nardus)

Khasiat serai - Serai (Cymbopogon nardus) merupakan jenis tanaman yang sekilas mirip dengan alang-alang, namun rumpun serai lebih besar dibandingkan dengan alang-alang, daun serai beberbentuk pipih panjang dan lurus mempunyai lebar sekitar 15 mm.
Dalam membudidaya serai cukup mudah kita cukup memisahkan sebagian rumpun serai dengan mengikutkan akarnya lalu menanamnya.
Secara kimia serai banyak mengandung minyak asiri, seperti geraniol, citronnelal, eugenol-metil eter, sitral, dipenten, eugenol, kadinen, kadinol dan lemonen.
Khasiat serai sangat banyak sekali, dan berikut ini adalah beberapa khasiat serai untuk kesehatan dan cara mengolahnya.

Tanaman serai


  1. Khasiat serai untuk badan pegal-pegal
    • Siapkan 600 gram batang serai dengan akarnya
    • Cuci sampai bersih
    • Rebus serai yang sudah kita siapkan tersebut
    • Gunakan air rebusan daun serai tersebut untuk mandi selagi airnya hangat
  2. Khasiat serai untuk obat batuk
    • Siapkan serai yang masih segar dan kering masing-masing 600 gram
    • Cuci sampai bersih
    • Rebus serai tersebut dengan air bersih secukupnya
    • Minum air serai tersebut setiap hari.
  3. Khasiat serai untuk ngilu atau nyeri
    • Siapkan batang serai yang masih segar
    • Rebus dengan sedikit air
    • Saring ambil airnya
    • Sapukan air ramuan tersebut kebagian sendi yang ngilu
  4. Khasiat serai yang lainnya
      Ambil beberapa tetes air minyak serai diminum dapat untuk mengobati berbagai penyakit seperti sakit kepala, nyeri lambung dan diare
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun alami kali ini tentang khasiat serai semoga bermanfaat dan cepat sembuh
http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/10/khasiat-serai.html

Khasiat kencur (Kaempferia galanga)


Kencur (Kaempferia galanga) merupakan jenis tanaman yang memiliki batang semu yang sangat pendek jenis rimpang kencur mirip dengan kunyit atau kunir,(baca khasiat kunyit). Batang kencur terbentuk dari pelepah-pelepah daun yang saling menutipi antara yang satu dengan yang lainnya. Daun kencur tumbuh tunggal serta melebar, mendatar dan menurun kepermukaan tanah.
Tanaman kencur juga berbunga, biasanya bunganya berwarna putih, ungu dan baunya harum, jumlah tangkai bunganya sekitar 4-12 kuntum bunga.
Khasiat kencur sangat luar biasa, terutama untuk ibu-ibu rumah tangga yang biasanya memanfaatkan kencur sebagai bumbu masakan, bahkan untuk masyarakat sunda memanfaatkan kencur sebagai lalapan mentah.
Berikut ini adalah beberapa khasiat kencur untuk kesehatan :


kencur (Kaempferia galanga)
sumber gambar : http://student.d3ti.mipa.uns.ac.id/Olga/manfaat-kencur.html
  1. Khasiat kencur untuk obat batu
    • Siapkan dua rimpang kencur, cuci sampai bersih
    • Dihaluskan dengan cara diparut
    • Campur dengan 1 gelas air hangat
    • Aduk-aduk sampai rata, kemudian saring ambil airnya
    • Tambahkan sedikit garam dapur
    • Minum ramuan tersebut sampai habis.
    • Lakukan perawatan tersebut satu kali sehari
  2. Khasiat kencur untuk masuk angin
    • Siapkan satu rimpang kencur
    • Cuci sampai bersih
    • Makan kencur tersebut bersama dengan garam dapur
    • Minum segelas air hangat
    • Lakukan memakan kencur tersebut dua kali sehari pagi dan sore
  3. Khasiat kencur untuk mulas
    • Ambil satu rimpang kencur
    • Cuci sampai bersih
    • Parut kencur yang sudah kita bersihkan tersebut
    • Tambahkan dua sendok makan air masak dan sedikit garam
    • Saring ambil airnya
    • Minum air ramuan tersebut
    • Lakukan perawatan tersebut 2-3 kali sehari
  4. Khasiat kencur untuk keseleo
    • Siapkan satu rimpang kencur
    • Bersihkan
    • Campur rimpang kencur tersebut kesegenggam beras yang sudah direndam air
    • Tumbuk sampai halus kedua ramuan tersebut
    • Balurkan atau oleskan pada bagian tubuh yang keseleo
  5. Khasiat kencur untuk diare
    • Siapkan dua rimpang kencur
    • Dua siung bawang merah
    • Tumbuk sampai halus kedua ramuan tersebut
    • Bungkus kedua ramuan yang sudah kita tumbuk tersebut dengan daun pisang
    • Bakar beberapa saat (jangan sampai gosong, hanya hangat)
    • Balurkan atau oleskan ramuan tersebut kebagian perut
Demikianlah beberapa khasiat kencur untuk kesehatan, tanaman yang kecil namun sangat mujarab. semoga bermanfaat dan cepat sembuh.
http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/10/khasiat-kencur-kaempferia-galanga.html 

Minggu, 24 Februari 2013

5 Manfaat Buah Semangka dan Khasiatnya

Manfaat Buah Semangka, pernahkah Anda menyadari bila buah yang banyak ditanam petani sebagai buah dengan keuntungan menjanjikan ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan ? Ya, semangka yang menurut catatan pertama kali ditemukan di wilayah gurun kalahari benua Afrika, sudah dibudidayakan sejak 5000 tahun sebelum masehi oleh orang Mesir, memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bagaimana buah ini bisa menyebar ke seluruh dunia ? Masih menurut sumber yang sama menyebutkan, bila buah semangka dijadikan sebagai pelengkap ritual dan dibawa oleh orang dari berbagai belahan dunia lain untuk acara yang sama. Namun, ada juga yang membawa semangka untuk konsumsi karena di percaya dapat meningkat keperkasaan pria. Itulah sediki gambaran dari sejarah dan manfaat buah semangka.

Manfaat Buah Semangka 

manfaat buah semangka

Memiliki bentuk umum yang bulat dengan kulit hijau di garis garis kekuningan. Jika dibelah terlihat bagian dalam yang berwarna merah segar menunjukkan bila buah semangka banyak mengandung likopen, sejenis karoteroid seperti betakaroten. Oleh sebab itu, meski ada buah semangka berwarna kuning dengan rasa yang lebih manis, direkomendasikan untuk mengkonsumsi yang berwarna merah. Sebab, manfaat semangka merah jauh lebih besar daripada yang kuning.
Tapi jangan heran bila di internet kita mendapati gambar semangka berbentuk segi empat. Itu bukan hasil olahan photoshop tapi nyata. Adalah petani dari jepang yang bertanggung jawab sejak 30 tahun lalu mengembangkan proses budidaya unik. Menanam semangka dalam sebuah wadah kotak yang dilubangi sedikit untuk tumbuhnya batang yang menjalar. Sehingga saat membesar buah semangka berbentuk segi empat secara alami. Tujuan pembuatan semangka segi empat ini tak lain adalah untuk menghemat tempat penyimpanan dan supermarket. Tapi, pada perkembangannya semangka ini dijual dengan harga fantastis.

12 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Pepaya yang selama ini kita tahu mungkin hanya sebatas besarnya kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Padahal bukan cuma itu saja, buah pepaya memiliki kandungan nutrisi lain seperti  vitamin C, vitamin B1, Kalsium, Fosfor, dan masih banyak lagi. Tiap - tiap mineral tersebut memiliki kadar masing - masing sesuai umur buah. Misalnya kandungan kalsium pada buah pepaya muda lebih besar ketimbang yang masak. Jadi, jika Anda ingin menbegah penyakit tertentu sebaiknya pelajari terlebih dahulu manfaat buah pepaya.
Manfaat pepaya memang sudah diketahui sejak lama. Tak hanya buahnya saja yang dimanfaatkan tetapi juga daunnya. Orang jaman dulu percaya jika konsumsi daun pepaya dapat memperkuat tulang dan gigi. Memang benar, menurut hasil penelitian yang baru - baru ini dilakukan telah ditemukan bila di dalam daun pepaya terdapat kandungan kalsium sangat besar. Mencapai 353 mg per 100g daun pepaya, sedangkan buahnya hanya 50 mg, itupun pada buah pepaya yang masih muda.

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya
Saat ini sudah jarang sekali dijumpai orang yang gemar mengkonsumsi buah murah meriah ini. Bahkan, di daerah kami yang biasanya di tiap rumah selalu ada pohon pepaya, kini sudah ditebang semua. Masih ada beberapa yang tersisa karena mereka sadar akan manfaat pepaya yang cukup besar. Orang awam mengira bila buah pepaya hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah susah buang air besar saja, padahal lebih dari itu. Penasaran seperti apa manfaat pepaya langsung saja simak pembahasan berikut ini.

12 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan


  1. Buah yang mudah ditanam atau dibudidayakan ini sangat bermanfaat untuk membantu Anda menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan air dan gizi yang komplek dapat dijadikan sebagai makanan alternatif yang bebas kalori.

1001 Manfaat Buah Manggis Yang Harus Diketahui


Berbagai macam khasiat yang terkandung dalam buah manggis sudah ditemukan sejak lama. Namun, penelitian resmi baru - baru ini menguatkan bila buah yang memiliki kulit berwarna hitam kemerahan serta bagian dalam berwarna putih manis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kita juga bisa berbangga diri, sebab konon ceritanya buah ini berasal dari Wilayah Nusantara. Jadi, manggis bukanlah buah impor seperti buah - buahan yang lain. Di luar negeri orang mengatakan bila manggis memiliki kandungan senyawa antioksidan paling tinggi di dunia, itulah mengapa saat ini banyak obat yang mengambil dari manfaat buah manggis.
Tak hanya buah bagian dalam yang memiliki rasa manis saja yang bisa dikonsumsi. Ternyata, kulit buah yang memiliki rasa pahit inipun juga dapat dimanfaat untuk berbagai jenis penyakit. Salah satu yang paling fenomenal adalah manfaat buah manggis untuk mengobati penyakit kanker. Entah ini rekayasa iklan obat yang akhir - akhir ini marak di iklankan di dunia internet bernama Xam***ne atau memang sudah ada penelitian yang menguatkannya secara langsung. Perlu kita ketahui, kanker merupakan penyakit dimana sel - sel jaringan tumbuh secara tidak normal kemudian menjadi ganas dan membahayakan bagi tubuh. Secara berangsur sel ganas ini menyebar ke organ tubuh lain jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Penasaran apa saja manfaat buah manggis untuk kesehatan, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Buah Manggis

  • Mengembalikan Stamina Tubuh dan Meningkatkan Energi

Jika Anda salah satu orang dengan tingkat aktivitas tinggi seringkali mudah lelah dan merasa lemas konsumsi saja buah manggis. Sebab, di dalam buah manggis terdapat zat yang dapat memulihkan stamina tubuh yang hilang saat beraktivitas atau kerja keras.

11 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Alpukat sejak lama dipercaya dapat meningkatkan mutu kesehatan seseorang dan dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman. Yang paling umum alpukat di jadikan sebagai jus minuman dan dijadikan campuran es dengan buah lainnya. Sayangnya buah ini tidak dapat bertahan terlalu lama, setelah di petik dalam waktu beberapa lama cepat lembek dan berubah warna. Berbeda dengan buah lain seperti apel, buah naga, ataupun buah semangka. Rasanya yang segar dan menggairahkan membuat beberapa orang masih setia mengkonsumsi alpukat dan untuk merasakan manfaat buah alpukat
Beberapa tahun silam masih sering kami jumpai pohon alpukat di pekarangan rumah. Meski tidak disetiap rumah paling tidak 1 dari 5 rumah ada yang menanam pohon alpukat. Namun, pohon - pohon tersebut hanya tinggal kenangan. Hal ini disebabkan karena pohon alpukat disinyalir menjadi sarang bagi ulat bulu yang dapat membuat gatal. Oleh sebab itulah dari yang semula alpukat menjadi tanaman pekarangan kini sudah ditebang semua. Jika pohon - pohon tersebut dipertahankan mungkin saat ini kita masih dapat merasakan manfaat buah alpukat yang tiada duanya.

Manfaat Buah Alpukat

manfaat buah alpukat

1. Mencegah Stroke
Beberapa sumber yang kami peroleh menyatakan dengan memakan satu buah alpukat setiap hari dapat menghindarkan sesesorang dari penyakit stroke. Hal ini dipengaruhi oleh adanya asam folat dalam buah alpukat yang cukup besar.
Baca : Manfaat Madu
2. Melawan Radikal Bebas
Selain kandungan asam folat yang melimpah, ternyata juga mengandung vitamin E dan C. Artikel sebelumnya sudah kami sebutkan bila kedua vitamin tersebut secara efektif dapat melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penyakit degeneratif.
Baca : Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil


 
Buah naga, atau yang juga dikenal dengan nama Dragon Fruit, merupakan buah istimewa yang disinyalir berasal dari kawasan Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Di Asia sendiri, buah naga telah lama dikenal oleh masyarakat Tionghoa sebagai salah satu buah persembahan di acara keagamaan. Warna kulit buah yang satu ini memang cerah dan menarik sehingga pas untuk menyemarakkan suasana. Selain cantik, buah naga juga dikenal karena rasanya yang nikmat dan segar. Tak hanya itu, buah yang dalam bahasa Vietnam dikenal dengan nama Thanh Long ini, juga menyimpan sejuta khasiat terutama untuk ibu hamil. Berdasarkan penelitian, buah naga memang mengandung beragam senyawa aktif yang baik jika dikonsumsi. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Membantu Pembentukan Darah Merah

Dalam setiap 100 gram buah naga segar terdapat sejumlah 0,55 Fe atau Zat Besi. Dengan demikian, buah ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan terhadap zat besi. Seperti diketahui, wanita yang sedang mengandung sangat rentan pada anemia. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga, penyakit tersebut bisa ditanggulangi. Buah naga juga mengandung senyawa karbohidrat Folates yang berdasarkan penelitian, ternyata sangat dibutuhkan ibu hamil. Folates ini berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Jika wanita hamil kekurangan karbohidrat folates, kemungkinan besar bayi yang dikandungnya akan mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube Deffect dan juga cacat sistem saraf otak.

Kandungan buah naga tak hanya Zat Besi dan karbohidrat folates. Masih ada banyak senyawa lain yang bisa didapatkan dari buah berwarnah cerah ini, antara lain Vitamin C, fitokimia, protein, potasium, serat, karnohidrat dan masih banyak lagi lainnya. Dengan demikian, manfaat buah naga untuk ibu hamil tentu sebagai penyumbang nutrisi kompleks yang baik bagi ibu dan janin. Istimewanya lagi, buah naga juga ternyata mengandung Vitamin B1 yang sangat baik bagi pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu pembakaran karbohidrat menjadi energi.

Cara Mengkonsumsi


Mengingat manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat penting, maka konsumsi harian buah ini tentu dianjurkan. Agar tidak bosan, variatiflah dalam hal penyajian. Pada dasarnya, buah naga bisa dimakan secara langsung setelah buahnya dikupas. Tetapi agar lebih nikmat, Anda bisa meraciknya menjadi jus dengan menambahkan susu rendah lemak. Buah naga juga bisa dijadikan tambahan salad buah yang nikmat. Jika Anda suka, buah naga juga bisa dibuat milkshake dengan menambahkan buah lainnya seperti mangga dan apple. 

Jangan Buang Kulit Buah Naga Anda!


 Buah naga, atau yang dalam ilmu biologi dikenal dengan nama Hylocereus Undotus, merupakan buah dengan sejarah awal yang panjang. Banyak yang percaya, buah dengan kulit berwarna cerah ini berasal dari Meksiko dan kawasan Amerika Selatan juga Tengah. Tapi tak sedikit pula yang meyakini buah ini berasal dari daratan Asia sebab sejak dahulu kala masyarakat Tionghoa sudah mengenalnya sebagai buah persembahan yang diletakkan di antara patung naga. Meski asalnya masih simpang siur, pada faktanya buah ini telah berhasil disemaikan dan dibudidayakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Buah naga memiliki banyak khasiat di antaranya menghalau diabetes, membersihkan darah, sebagai sumber vitamin C dan masih banyak lagi lainnya. Tapi, tak hanya buahnya yang berkhasiat. Ternyata, kulit buah naga sama baiknya! Jadi jangan buang kulit buah naga Anda. Sumber kesehatan ada di limbah tersebut. Tak percaya?

Manfaat Kulit Buah Naga

Berdasarkan uji klinis, ternyata tak hanya daging buah naga yang menyimpan sejuta khasiat. Kulitnya yang cerah dan cenderung bersisik juga diketahui mengandung senyawa aktif seperti pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12,20(30)dien 3aol. Kedua senyawa ini sangat ampuh menjaga serta melindungi kelenturan pembuluh darah. Bahkan keampuhan ini menyamai obat Troxerutin yang dikenal sebagai obat berbahan kimia yang digunakan untuk melindungi pembuluh darah mikro. Obat ini banyak beredar di pasaran dan populer digunakan untuk mereduksi potensi pembuluh darah pecah. Dengan ditemukannya kandungan pada kulit buah naga ini, tentu akan menjadi alternatif alami untuk mencegah pecahnya pembuluh darah.

Selain memelihara fleksibilitas pembuluh darah, ternyata kulit buah naga juga berperan untuk menghambat pertumbuhan tumor sel tumor B16F10. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Departement of Applied Chemistry National Chinan University.

Konsumsi Kulit Buah Naga

 
Untuk mendapatkan manfaat kulit buah naga ini, bisa dengan cara mengkonsumsi langsung ekstrak kulit buah naga yang banyak beredar di pasaran. Tapi jika Anda tidak takut repot, cobalah mengolah kulit buah naga menjadi teh yang siap seduh setiap saat. Caranya cukup mudah. Ambil kulit buah naga dan potong tipis-tipis. Setelah itu keringkan di bawah sinar matahari selama 1 atau 2 hari, tergantung pada tingkat pencahayaan matahari. Setelah cukup kering, kulit buah naga sudah bisa dikonsumsi dengan cara diseduh layaknya teh. Mulai pagi Anda dengan meminum teh ini. Untuk khasiat lebih optimal, tutup hari Anda, juga dengan satu cangkir teh kulit buah naga sebelum tidur. Khasiatnya sangat baik, selain memelihara pembuluh, juga bisa untuk mereduksi kadar gula darah dan menghaluskan kulit. Selamat mencoba!

Manfaat Buah Naga Putih


 
Buah naga pertama kali dikembangkan di daratan China. Hal ini tidak lepas dari jasa seseorang berkebangsaan Perancis yang membawa bibit buah tersebut dari Meksiko. Negeri asal buah bersisik ini memang daratan Amerika Tengah juga Selatan. Namun, saat ini, Vietnam dan Thailand lah yang dikenal merajai pangsa pasar buah naga skala global. Pada mulanya, varietas asli buah naga yakni berkulit merah dengan daging buah berwarna putih dipenuhi bebijian hitam. Tetapi saat ini, seiring dengan perkembangan pertanian, kini tercipta jenis buah naga lainnya seperti buah naga merah, hitam dan juga kuning. Di antara keempat varietas ini, buah naga putih dikenal sebagai penghasil vitamin C paling baik. Oleh sebab itu, manfaat buah naga putih salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengenal Buah Naga Putih

Pada prinsipnya, buah naga putih memiliki tampilan luar yang sama seperti buah naga pada umumnya. Kulitnya berwarna merah cerah dengan sisik-sisik besar yang ujungnya dipenuhi gradasi warna hijau. Disebut buah naga putih lantaran mengacu pada warna daging buahnya yang memang putih. Varietas ini merupakan jenis asli buah naga yang ditemukan pertama kali di tanah Meksiko. Buah naga dengan daging berwarna putih ini dikenal memiliki rasa yang lebih asam ketimbang jenis buah naga lain. Hal ini merupakan indikasi awal tingginya kandungan vitamin C pada buah tersebut.

Terkait senyawa lainnya, buah naga putih kurang lebih sama seperti buah naga merah, hitam dan juga kuning. Daging buahnya mengandung zat antara lain protein, serat, karbohidrat, Fe atau zat besi, Vitamin B1,B2, betakaroten, provitamin A, fosfor, kalsium, niasin dan masih banyak lagi lainnya. Mangacu pada komposisi ini, manfaat buah naga putih antara lain menjaga fleksibilitas pembuluh darah, mereduksi gula darah, menurunkan kolesterol, menyumbang mineral bagi tubuh, memperbaiki kecerahan mata, mencegah dan mengobati anemia, menghambat pertumbuhan kanker, menghaluskan kulit dan masih banyak lagi lainnya.

Konsumsi Harian Buah Naga


Mengingat rasanya yang lebih asam, buah naga putih paling nikmat untuk diracik menjadi jus, salad buah, atau milkshake. Namun, jika Anda menggilai perpaduan asam-manis, konsumsi langsung buah tersebut akan jauh lebih baik. Jika Anda memilih jus dan salad buah, pastikan Anda tidak menggunakan gula tinggi kalori sebab akan menghalau kinerja buah naga untuk menurunkan kadar darah. Lebih baik jika Anda menggunakan gula tanpa kalori atau madu asli sebagai pemanis. Manfaat buah naga putih ini akan Anda dapatkan dengan catatan dikonsumsi secara teratur. Karenanya, jangan ragu memasukkan buan naga putih dalam daftar buah harian Anda. Selamat mencoba!
sumber : tentangbuahnaga.blogspot.com

10 Manfaat Buah Naga Yang Harus Anda Ketahui


Manfaat Buah Naga memang masih belum banyak diketahui orang padahal buah yang berasal dari daratan Amerika Tengah ini sudah sangat populer. Buah yang memiliki nama latin hylocereus polyrhizus saat ini banyak di budidayakan oleh petani lokal karena cara penanamannya yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Pertama kali muncul buah ini memiliki harga yang cukup mahal bahkan sejajar dengan apel impor dari Selandia Baru tapi kini harganya sudah jauh lebih terjangkau. Kandungan zat atau nutrisi didalam Buah Naga ternyata memiliki khasiat yang sama seperti Manfaat Buah Apel. Berikut adalah 10 Manfaat Buah Naga yang harus Anda ketahui.

Manfaat Buah Naga

1. Menghambat Penuaan Dini
Anti oksidan yang terkandung dalam Buah naga dapat mengambat proses penuaan dini yang biasa dialami oleh seseorang yang setiap harinya terpapar oleh polusi udara. Kandungan yang terdapat dalam buah naga akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara efektif, sama efektifnya dengan buah apel.
2. Mencegah Kanker
Antioksidan selain berguna untuk menghambat penuaan dini juga terbukti ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh manusia. Buah yang memiliki rasa hambar sedikit manis dengan biji kecil yang dapat dikonsumsi ini dapat dikonsumsi oleh semua lapisan usia. Namun, ada juga seseorang yang tidak menyukai buah lembek ini.
3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terkandung di dalam buah naga cukup tinggi itulah sebabnya mengapa buah ini sangat baik dikonsumsi oleh Anak dalam masa pertumbuhan. Bila Anda sering terkena flu khususnya disaat perubahan musim yang tidak menentu seperti sekarang ini sebaiknya konsumsilah buah naga secara teratur setiap hari.
4. Meningkatkan Nafsu Makan
Jika saat ini Anda sedang mengalami masa dimana nafsu makan turun sebaiknya konsumsilah buah naga. Selain kandungan Vitamin C yang tinggi ternyata di dalam buah naga juga terkandung Vitamin  B2 dan B1 yang sudah sejak lama diandalkan oleh dunia pengobatan sebagai penambah nafsu makan khususnya dalam masa penyembuhan dari penyakit.

Rabu, 20 Februari 2013

20 Manfaat Lidah Buaya



Lidah buaya disebut juga dengan aloevera. Anda pasti familiar dengan tanaman yang satu ini. Tanaman berwarna hijau yang terkenal berfungsi menyuburkan rambut dan melicinkan kulit ini adalah jenis vegetasi yang sering kita temui di halaman rumah.
Tapi tahukah Anda bila tanaman ini mempunyai manfaat lain selain untuk kosmetik. Berikut beberapa manfaat tanaman lidah buaya:

1. Mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, terutama bagi  mereka yang kerap bekerja di luar ruangan.

10 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan


Manfaat Daun Binahong

Manfaat Daun Binahong – Sebagian dari anda mungkin terdengar agak asing dengan daun binahong ini, namanya saja sudah agak aneh dan seperti bukan berasal dari Indonesia. Daun Binahong merupakan salah satu daun yang berasal dari sebuah pohon asal Korea, dan kemudian masyarakat Indonesia menyebutnya daun binahong seperti nama tanaman tersebut. Daun Binahong ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita, terutama dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kencing manis, tekanan darah rendah, sesak nafas dan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Manfaat Daun Binahong

Berikut adalah beberapa manfaat daun binahong yang bisa kita dapatkan :
  1. Membantu menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes).
  2. Menstabilkan tekanan darah (tekanan darah rendah).
  3. Melegakan sesak nafas.

11 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih – Sirih atau yang memiliki nama latin Piper Betle L/ Chaciva Aurculata Miq ini merupakan salah satu tanaman yanng sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Sirih memiliki banyak sekali jenis, diantaranya adalah sirih jawa, sirih merah, sirih cengkeh, sirih kuning dan masih banyak lagi jenis sirih lainnya yang juga kaya akan manfaat. Di dalam daun sirih banyak sekali mengandung zat – zat seperti fenil, minyak atsiri, propana, estragol, kavicol, hidroksivakol, kavibetol, pati, terpennena, diastase, tanin, cadinene, cyneole, allylpyrokatekol, seskuiterpena dan beberapa kandungan zat lain yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Manfaat Daun Sirih

Berikut adalah beberapa manfaat daun sirih yang sangat baik untuk kesehatan :
  1. Membantu meredakan batuk berdahak.
  2. Menghilangkan bau mulut.
  3. Mencegah kerusakan pada gigi.

10 Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan


10 Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manggis merupakan salah satu buah yang tahan lama bahkan tidak mungkin bisa busuk , meskipun berada di atas tanah selama apapun. Mengapa demikian?? Manggis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan buah semacamnya. Manggis tidak akan busuk, namun manggis ini akan mongering dan akhirnya menjadi kayu yang cuku keras. Namun dibalik semua itu banyak sekali khasiat buah manggis yang bisa kita manfaatkan terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat dan Khasiat Buah Manggis

Banyak sekali manfaat dan khasiat buah manggis yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah manggis, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Manggis mampu menyembuhkan sekaligus mencegah penyakit kanker. Ekstrak dari buah manggis ini ternyata mampu mencegah akan tumbuhnya beberapa sel kanker yang ada di dalam tubuh kita, seperti kanker paru – paru, kanker hati, kanker usus, dll.
  2. Mencegah tumbuhnya sel – sel pada penyakit leukemia. 

7 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Tubuh



Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki ciri khas tidak seperti buah yang lainnya. Buah Nanas ini memiliki daun buah yang berduri tajam, berwarna hijau dan keras. Nanas merupakan salah satu buah yang harganya cukup murah dan terjangkau. Namun, siapa sangka selain harganya murah manfaat nanas untuk kesehatan juga sangat banyak. Nanas seringkali dijadikan salah satu menu buah saat  anda sedang dalam proses diet. Untuk itu, buah nanas ini sangat baik dan sangat membantu sekali bagi anda yang sedang dalam proses diet karena nanas bermanfaat untuk menurunkan berat badan kita

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Nanas sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, berikut adalah beberapa manfaat buah nanas :
  1. Dapat mengurangi resiko terserang hipertensi. 
  2. Dapat menurunkan berat badan kita. Sangat cocok bagi anda yang sedang dalam program diet. 
  3. Vitamin C yang ada pada buah nanas ini mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyerang sel kekebalan di dalam tubuh kita. 

9 Manfaat Daun Srikaya Bagi Kesehatan


Manfaat Daun Srikaya

Manfaat Daun Srikaya – Srikaya merupakan salah satu buah – buahan yang memiliki bentuk kecil, berwarna hijau dan hanya hidup di daerah tropis saja. Srikaya ini berasal dari Hindia Barat yang baru akan berbuah setelah pohonnya berumur 3 tahun sampai dengan 5 tahun. Rasanya yang manis membuat buah srikaya ini menjadi salah satu buah yang disukai masyarakat, terutama masyarakt Indonesia. Selain itu, buah srikaya ternyata memiliki beberapa khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, terutama daun srikaya. Memang benar daun srikaya ini memiliki rasa yang pahit, namun dibalik rasanya yang pahit tersebut memiliki sejuta manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Daun Srikaya

Berikut adalah beberapa manfaat daun srikaya yang baik untuk kesehatan tubuh kita :
  1. Sebagai obat antiradang.
  2. Mengobati penyakit batuk ringan.

Manfaat Madu Untuk Wajah Sehat Berseri


Manfaat Madu Untuk Wajah

Manfaat Madu Untuk Wajah – Madu memang kaya akan khasiat dan manfaat, selai untuk kesehatan ternyata madu juga bermanfaat dan baik untuk wajah kita. Bagi anda yang ingin mendapatkan wajah cantik, sehat dan cerah yang alami bisa memanfaatkan madu ini untuk mendapatkannya. Memang sekarang ini banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan untuk membuat kulit kita menjadi putih, cantik dan cerah secara alami. Namun madu masih menjadi salah satu alternatif yang tidak kalah juga untuk membuat kulita kita menjadi lembut dan cerah alami.

Manfaat Madu Untuk Wajah

Berikut adalah manfaat madu untuk wajah sehat alami :
  1. Membantu menghilangkan jerawat.
  2. Membantu melembabkan kulit.

Manfaat Wortel Untuk Menurunkan Kolesterol


Manfaat Wortel

Manfaat Wortel – Wortel merupakan salah satu sayuran yang memang kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun selain itu, ternyata wortel juga mampu menyembuhkan berbagai  penyakit lainnya seperti penyakit kolesterol yang merupakan salah satu penyakit yang cukup membuat banyak orang takut untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Untuk itu, bagi anda yang menderita penyakit kolesterol ini juga bisa mengkonsumsi wortel untuk membantu menyembuhkan penyakit anda.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat wortel yang baik untuk kesehatan tubuh kita :
  1. Berfungsi sebagai antioksidan alami.
  2. Menghambet pertumbuhan kanker.

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan


Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam – Sebagian dari anda pasti mengira bahwa daun salam hanya dimanfaatkan sebagai penyedap bumbu dapur masakan yang kita makan setiap hari. Namun, selain sebagai penyedap masakan ternyata daun salam memiliki manfaat lain seperti untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah mengobati penyakit kolesterol. Penyakit kolesterol adalah salah satu jenis penyakit yang cukup banyak penderitanya. Tanda – tanda orang terkena kolesterol ini memang tidak terlihat sama sekali, bahkan seperti orang sehat biasa. Namun tiba – tiba saja penyakit kolesterol mampu membuat kita terkena penyakit stroke dan jantung. Tentu anda tidak mau seperti itu bukan? Nah, untuk itu simak beberapa manfaat dan khasiat dari daun salam di bawah ini.

15 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan


Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Putih – Pernahkah anda mendengar bumbu dapur yang bernama kunyit ini? Di balik bentuknya yang tidak karuan, ternyata kunyit memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Kunyit terdiri dari dua jenis, kunyit biasa yang berwarna kuning dan ada juga kunyit putih yang berwarna putih. Kunyit putih biasa dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut dan kulit yang memar. Ternyata selain sebagai bumbu dapur, kunyit putih juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kronis seperti kanker dan tumor.

10 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan


10 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

Mengkudu atau Morinda Citrifolia merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia. Manfaat mengkudu ini sangat banyak sekali terutama bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia, mengkudu sering dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, tumor dan jenis penyakit lainnya. Buah mengkudu ini berbentuk lonjong, berwarna hijau dan terdapat bintik – bintik kecil berwarna coklat di seluruh bagian kulitnya. Untuk pohonnya sendiri bervariatif, mulai dari 4 sampai 8 meter tingginya. Nah apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah mengkudu ini, silahkan baca lebih lanjut penjelasannya di bawah.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Kanker



Manfaat daun sirsak kini semakin banyak dikenal. Coba simak beberapa informasi terkait daun sirsak berikut ini :


Nama umum : Buah Sirsak / Sirsat
Nama Latin : Annona muricata L
Nama Lain : Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda),
Guanabana (Spanish), Graviola (Protugues).
Kandungan gizi dan kegunaan buah, bunga, biji, daun sirsak / sirsat untuk kesehatan terutama pengobatan jenis penyakit kanker, mengobati sakit pinggang, bayi mencret, ambeien, bisul, bisul, liver dan rematik.
Kandungan Gizi buah sirsak, yaitu: Buah sirsak terdiri dari 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah, dan 4% inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak adalah karbohidrat. Salah satunya yaitu gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6 % dari kandungan gula total.

manfaat daun sirsak

Manfaat Daun dan Buah Sirsak

Manfaat daun sirsak dan juga manfaat buah sirsak untuk obat dan kesehatan lengkap di bahas disini. Sirsak dikenal sebagai buah yang nikmat untuk diminum. Sebagian besar dari kita tidak menyadari ternyata buah sirsak memiliki begitu banyak manfaat untuk pengobatan. Tidak hanya itu saja, bahkan daun dari pohon sirsak pun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan pengobatan.

Sebelum membahas terlalu jauh ada baiknya jika mengenal lebih detail buak sirsak ini. Menurut sumber wikipedia indonesia buah Sirsak disebut juga nangka belanda atau durian belanda  dengan nama latin Annona muricata L merupakan tumbuhan kaya manfaat yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam saun sirsak mengandung senyawa Acetoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin). Acetoginin ini dalam senyawa yang tinggi berfungsi sebagai anti feedent. Hama sekalipun enggan memakan daun pohon sirsak, dalam konsentrasi rendah bisa menyebabkan hama serangga yang memakannya akan mati.


manfaat buah sirsak dan manfaat daun sirsak

Rabu, 13 Februari 2013

Makan Apel Tiap Hari Ampuh Cegah Stroke


Jangan pernah meremehkan sebutir apel. Selain rasanya yang manis, Apel juga banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya yang sangat diperlukan bagi tubuh untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.
Percaya atau tidak, memakan satu buah apel atau pir setiap harinya ternyata dapat memangkas risiko Anda terkena stroke sebesar

5 Efek Menyehatkan dari Apel


Tidak berlebihan jika ada ungkapan "Sebuah Apel Sehari akan Menjauhkan Dokter", mengingat apel memiliki manfaat kesehatan yang besar. Buah yang enak dikonsumsi dalam bentuk apa pun ini memiliki nutrisi yang penting sehingga tak kalah dengan buah super lain seperti goji berries atau delima. Apa saja khasiat apel?
1. Sumber energi
Apel berukuran sedang mengandung serat sekitar empat gram dan 95 kalori sehingga ia cocok menjadi snack yang manis dan mengenyangkan. Keuntungan lainnya, dengan mengonsumsi sebutir

Teh Hijau Hambat Tuberkulosis


Dua juta penduduk di dunia meninggal setiap tahun akibat tuberkulosis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, tahun 2006 di Indonesia ditemukan 14,4 juta kasus tuberkulosis dengan angka kematian 38 per 100.000 penduduk. Sebanyak 98 persen kematian terjadi pada penduduk usia produktif.

Meski telah tersedia obat antituberkulosis (TB),

Putihkan Gigi dengan Buah Apel


Siapa yang tidak suka apel? Rasanya yang manis membuat kita tidak mempunyai alasan untuk tidak memakannya. Tetapi, tahukah Anda, selain tinggi kandungan vitamin dan nutrisi, apel ternyata juga mempunyai fungsi lain, yakni sebagai pemutih gigi.

Khasiat Teh Hitam Bantu Atasi Hipertensi

Ini adalah kabar baik bagi para pecinta minuman teh. Sebuah riset teranyar yang dilakukan para peneliti dari Australia menemukan, mereka yang rutin meminum teh hitam setiap hari, mungkin akan mendapatkan sedikit manfaat tambahan dalam menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meskipun peneliti tidak dapat mengidentifikasi komponen spesifik dari teh yang berperan dalam

Khasiat Kulit Apel Mencegah Obesitas


Riset teranyar para ilmuwan di University of Iowa mengklaim, zat alami yang terkandung dalam kulit apel dapat meningkatkan pembakaran kalori dan menurunkan risiko obesitas. Temuan ini tentu menimbulkan harapan, mengingat obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes dan perlemakan hati menjadi masalah kesehatan global.

Seperti yang dipublikasi dalam jurnal PLoS ONE, senyawa alami yang terkandung dalam kulit apel itu dikenal dengan nama asam ursolat.

Inilah 4 Teh Terbaik untuk Kesehatan


Teh memang identik dengan kesehatan. Kebiasaan meneguk secangkir teh juga efektif untuk mengurangi stres, mencegah hipertensi, hingga menekan risiko penyakit jantung. Ada berbagai macam teh di dunia, tetapi secara umum ada empat jenis teh yang khasiatnya tak boleh diremehkan.


Dua Sendok Madu Manjur Atasi Batuk Anak


Jangan bingung, bila mendapati buah hati Anda batuk berkepanjangan. Agar tidurnya lelap tanpa gangguan batuk, berikanlah madu sebanyak dua sendok teh sebelum mereka tidur.

Dewasa ini, orang tua memang tidak punya banyak pilihan obat yang aman untuk mengobati demam dan batuk anak. Bahkan, The American Academy of Pediatrics menyatakan obat-obatan

5 Khasiat Sehat Madu

Meski mengandung kadar gula yang tinggi, namun madu memiliki berbagai khasiat positif bagi kesehatan. Baru-baru ini penelitian mengungkap manfaat madu untuk meredakan batuk balita di malam hari.

Selain meredakan batuk dan membuat tidur lebih tenang, berikut adalah beberapa khasiat madu yang menganggumkan.

1. Antibiotik oles
Penelitian menunjukkan beberapa penyakit kulit, seperti luka bakar, tergores, hingga bekas jahitan

Manfaat Jeruk Lemon untuk Diet

Beberapa orang meyakini bahwa salah satu manfaat jeruk lemon adalah dapat digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan. Ada banyak orang yang rela tiap hari mengkonsumsi jus lemon sebagai bagian dari diet mereka.

Namun apakah hal tersebut mitos atau fakta?


10 Manfaat Jeruk Lemon

Buah ini memiliki sejumlah manfaat yang bisa digunakan

Buah jeruk lemon biasanya selalu digunakan untuk menghilangkan bau amis pada saat memasak ikan.

Sebenarnya, ada sejumlah kegunaan lain yang juga dikandung oleh jeruk lemon.


26 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesembuhan Penyakit


Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam.
Air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu.

Minggu, 10 Februari 2013

10 manfaat pisang bagi kesehatan


Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Bagaimana tidak, buah tropis berkulit kuning ini memiliki sejuta manfaat. Sebagian besar orang percaya bahwa dengan makan pisang, tubuh mereka akan selalu bugar. Jadi penasaran dengan manfaat pisang. Mau tahu? Yuk kita intip 10 manfaat pisang bagi kesehatan

1. Sumber energi

Pisang mengandung tiga jenis gula alami: fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat dengan cepat

5 Manfaat Daun Sirsak

Untuk Kesehatan kini belum banyak orang yang mengetahuinya. Karena memang daun sirsak ini jarang ditemui di lingkungan masyarakat meskipun pohon sirsak terbilang cukup banyak. Sebagian orang menganggap bahwa manfaat daun sirsak ini bisa untuk mengobati sakit pinggang. Lebih dari itu sebenarnya manfaat daun sirsak untuk kesehatan sangat banyak sekali. Salah satunya yakni sebagai obat bayi saat mencret. Namun tentunya ada beberapa cara untuk menjadikan daun sirsak ini sebagai obat alami yang bisa menyembuhkan penyakit.


Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

9 manfaat buah tomat

Masih butuh alasan untuk mengonsumsi tomat? Ini 9 manfaat buah tomat menurut ahli. Ada banyak alasan agar Anda mampir ke pasar lokal dan membelinya. Berikut sembilan alasan untuk menyukai buah tomat:


  1. Tomat diperkaya dengan vitamin C, sebuah nutrisi yang menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat.

'1001' Manfaat Tomat

Siapa yang tidak kenal tomat? Pasti sudah sangat familiar. Buah tomat bisa dimakan langsung, dibuat jus, saus tomat, dimasak, dibuat sambal goreng, atau dibuat acar tomat. Pucuk atau daun muda bisa disayur. Buah tomat yang umum ada di pasaran bentuknya bulat. Buah tomat rasanya manis, asam, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat menghilangkan haus, antiseptik usus, pencahar ringan (laksatif), menambah nafsu makan dengan cara memperbanyak keluarnya air liur, merangsang keluarnya enzim lambung, dan melancarkan aliran empedu ke usus. Daun berkhasiat penyejuk. Penelitian di Amerika, laki-laki yang mengonsumsi sedikitnya sepuluh porsi buah tomat yang

Kandungan dan Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan



cengkeh
Kandungan dan Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan
Cengkeh  (Eugenia aromaticum) yang dalam bahasa inggris di sebut Cloves, adalah tangkai bunga kering dari beraroma dari keluarga pohon Mirteciae. Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia dan merupakan flora identitas provinsi Maluku Utara, karena dari zaman dahulu tanaman cengkeh lebih banyak tumbuh dan dibudidayakan didaerah ini.


10 Manfaat Cengkeh

Ada banyak rempah-rempah yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya cengkeh. Cengkeh yang sering digunakan sebagi bumbu masakan ternyata dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat ajaib dari cengkeh untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaatnya, seperti dikutip dari Mag for Women.

1. Bernutrisi
Cengkeh adalah sumber nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh karena mengandung vitamin hingga

6 manfaat kesehatan dari Daun Mint


 Daun Mint atau dikenal dengan nama ilmiah Mentha piperita adalah sebuah tanaman herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia, apalagi semenjak banyak digunakan untuk berbagai produk seperti penyegar napas, permen karet, pasta gigi, obat kumur dan minyak angin.
Namun, Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa mint juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Berikut ini 6 manfaat kesehatan dari Daun Mint:

  1. Salah satu manfaat kesehatan utama dari daun mint adalah efeknya terhadap sistem pencernaan tubuh. Aromanya yang khas, dapat mengaktifkan kelenjar ludah dan enzim

Khasiat Kombinasi Madu dan Kayu Manis


Madu adalah cairan kental dan berasa manis menyerupai sirup, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Madu bisa berfermentasi maka jika ditutup dalam tempat yang tertutup rapat tempatnya bisa pecah jika gas hasil fermentasi tidak dibuang. Supaya tidak pecah pada tutup botol harus diberi lobang kecil untuk pembuangan gas.



Kayu manis (Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil

12 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


 Kayu manis merupakan rempah-rempah yang memiliki wangi yang khas, rasa manis dan rasa pedas. Kayu manis dipakai sebagai bumbu masakan sejak jaman mesir kuno. Kayu manis biasanya berbentuk bubuk atau potongan. kayu manis juga diekstraksi untuk diambil minyak atsirinya.
Kandungan yang terdapat dalam kayu manis adalah eugenol, etil sinamat, metil chavicol, linalool, cinnamaldehyde dan beta-kariofilen. Kandungan cinnamaldehyde inilah yang memberikan rasa dan

Kamis, 07 Februari 2013

Keajaiban Kumis Kucing


Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.
Khasiat Kumis kucing:
Daun Kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai menanggulangi berbagai penyakit, Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis., reumatik dan menurunkan kadar glukosa darah.[2] Selain bersifat diuretik, kumis kucing juga digunakan sebagai antibakteri.
1. Nyeri buang air seni: Cara I: Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren. Cara II: 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu sebanyak 3x sehari.
2. Batu ginjal: Cara I: 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari. Cara II: 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.
3. Rematik: Sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4.     Saring. Lalu diminum.
4. Sakit pinggang: 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.
5. Radang ginjal: 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.
6. Masuk angin: 1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.
7. Demam : 100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari

10 JENIS TANAMAN RIMPANG BERKHASIAT OBAT


Sudah sejak jaman nenek moyang kita dahulu tanaman rimpang yang dikenal sebagai empon-empon (Jawa) atau rempah-rempah alias si penyedap masakan, dapat digunakan sebagai ramuan tanaman obat tradisional atau jamu.  Pemakaian obat tradisional yang berasal dari tanaman rimpang ini tidak hanya digunakan bagi mereka yang tinggal dipedesaan, namun sekarang ini sudah mulai diminati oleh masyarakat kota. Terbukti dengan banyaknya masyarakat perkotaan yang mengkonsumsi obat tradisional  dalam bentuk jamu instan mulai dari jahe, kencur, temulawak dan lain-lain dari berbagai jenis rimpang.  Sekalipun mereka tahu bahwa penggunaan obat tradisional, jangka penyembuhannya relatif lambat, namun pasti dan tidak merusak atau tidak berefek samping secara drastis.  
 Sepuluh jenis tanaman rimpang berhkasiat obat yang sering digunakan  sebagai berikut :
1. Jahe (Zingiber officinale)
Jahe yang dikenal dibeberapa daerah dengan nama jae (jawa), jahe (Sunda), Jhai (Madura), jahi (Lampung), bahing (Batak karo), pase (Bugis) dan  melito (Gorontalo).  Selain beragamnya sebutan atau nama jahe diberbagai daerah, juga  beberapa jenis jahe yang dikenal di Indonesia yaitu jahe emprit, jahe gajah dan jahe merah.  Kandungan bahan aktif jahe antara lain : minyak astiri 2 – 3%, zingberin, kamfena, borneol, sineol, zingeberal, geranipl, gingerin, gingerol. 
Umbi jahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan. Sifat inilah yang membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen bioaktif jahe dapat berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai khasiat jahe yang secara tradisional sudah dikenal luas adalah seperti berikut ini : Obat batuk, influenza, demam, menambah nafsu makan, memperkuat lambung, obat eksim, rematik, syaraf muka, lecet, luka karena tikaman benda tajam, terkena duri, jatuh, gigitan ular , menyembuhkan sesak dada dan memperbaiki pencernan.
Contoh : untuk ramuan obat  Masuk angin ambil jahe yang tua sebesar ibu jari, cuci bersih dan memarkan lalu direbus dengan air dua gelas, tambahkan gula aren secukupnya, kemudian didihkan lebih kurang 1/4 jam. Angkat dan minum hangat-hangat. an ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan dua kali sehari.
2. Kunyit (Curcuma domestica Val.)
Kunyit dikenal dengan nama daerah kunyit (malayu), hunik (Batak), kunyir (Sunda), kunir (Jawa) dan Temu koneng (Madura).  Banyak kandungan bahan aktif yang terdapat dalam kunyit antara lain : Curcumin, minyak astiri, phellan-drene, sabinene, cineol, borneol, zingeberenne, turmeron, camphene, camphor, caprillic acid, methoxinnamic acid, dan zat warna alkaloid cur-cumid.  Khasiat  dari bahan aktif yang terdapat dalam kunyit tersebut antara lain : Membersihkan, mempengaruhi bagian perut, melepaskan  kelebihan gas di usus, menghentikasn pendarahan, mencegah pengentalan darah, anti gatal, anti kejang, menyembuhkan hidung yang tersumbat, radang amandel, radang rahim,.anemia, tekanan darah tinggi, rematik, disentri dan cacar.
3. Kencur (Kaempferia galanga L.)
Kencur adalah istilah Jawa, sedangkan nama daerah lain Ceuko (Aceh), Keciwer (Batak), Cakue (Padang, Cikur (Sunda), Cekuh (Bali) dan Asauli (Ambon). Dia termasuk kerabat jahe-jahean (gamilia Zingiberaceae), jadi masih saudaranya kunir, jahe, kunci, dan sebagainya.
Kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah:  pati (4,14%), mineral (13,73%), minyak astiri (0,02%) berupa sineol, asam metal kanil, penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, asam anisic dan alkaloid.       
            Dengan kandungan bahan aktif tersebut maka banyak khasiatnya sebagai obat antara lain :Batuk, kembung, mual masuk angin, masalah pencernaan, anti implamasi, antiseptik, antipasmodik, mengobati sakit gigi, mengeluarkan dahak, tetanus, keracunan tempe bongkrek, jamur, sakit kepala, bisul, nyeri gigi dan menambah daya tahan tubuh.
4. Laos/Lengkuas (Languas galanga stuntz.)
Laos atau lengkuas, dikenal dengan nama daerah Langkueneh (Aceh), Langkuweh (Padang), Laja (Sunda), Laos (Jawa, Bali), dan Lingkawas (Manado).
Kandungan bahan aktif yang terdapat pada lengkuas antara lain : Minyak astiri, minyak alpinen, methyl cinnamate, kamfer, eugenol (pemberi cita rasa pedas).
Manfaat laos selain sebagai penyedap masakan, banyak khasiat yang digunakan sebagai obat antara lain : Anti bakteri sebagai obat penyakit kulit seperti kodis koreng dan borok, obat gosok penghangat badan, pelancar kemih, penguat empedu, obat tetes telinga, memperbaiki pencernaan, mengeluarkan lendir dari saluran napas, sakit kepala, nyeri dada, meningkatkan nafsu makan, meredakan kolik atau perut mulas, diari dan obat anti mual.
5. Lempuyang (Zingiber zerumbert)
Lempuyang dikenal dikenal dengan nama daerah Lempuyang gajah (jawa dan Lempoyang paek (Madura).
Kandungan bahan aktif yang terdapat pada lempuyang antara lain : Minyak astiri (terdiri dari zerumbon, pinen, alfa kariofilen, kamfen, sineol dan limonen). Flavonoid dan saponin.  Khasiat  dari  bahan aktif yang terdapat dalam lempuyang tersebut antara lain : Zerumbon adalah senyawa yang berkhasiat sebagai anti kejang, dapat digunakan juga sebagai obat bisul, kaki bengkak, peluruh angin, peluruh batu ginjal dan empedu, kencing batu, diare berlendir dan menambah nafsu makan.
6. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza roxb )
Temulawak termasuk dalam keluarga Jahe (zingiberaceae), Temulawak ini sebagai tanaman obat asli Indonesia, dengan berbagai nama daerah yaitu : Temulawak (Jawa), Koneng gede (Sunda) dan Temulabak (Madura).
Temulawak sudah lama digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Terakhir juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh.
Khasiat lainya yaitu : untuk mengobati limpa, ginjal, pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin maag, produksi ASI, memperbaiki nafsu makan, sembelit, sariawan dan jerawat.
7.Temuireng (Curcuma aeroginosa Roxb.)
Temuireng masih dalam keluarga zingiberaceae, dikenal dengan nama daerah temu erang (Melayu), koneng hideung (Sunda), temu ireng (Jawa), temo ereng (Madura), temu ireng (Bali). Kandungan bahan aktif yang terdapat dalm temuireng antara lain minyak airis, tanin, kurkumol, kurdion, kurkumalakton, germakron, kurkumin, zat pati, damar, dan zat warna biru.
Khasiat yang terdapat dalam temuireng antara lain yaitu : untuk meningkatkna nafsu makan, melancarkan keluarnya darah kotor setelah melahirkan, mengobati penyakit kulit, memperbaiki pencernaan, sariawan batuk, sesak napas, cacingan, dan menstimulasi kerja lambung.
8. Temukunci (Boesenbergia pandurata Roxb.)
Temukunci dikenal dengan nama daerah Tamu kunci (Minangkabau), temu kunci (Melayu), kunci (Jawa), tmeu kunci (Sunda),dumu kunci (NTT), tumbu kunci (Ambon), tamputi (Ternate). Kandungan bahan aktif yang terdapat dalam temukunci adalah minyak atsiri (yang terdiri dari kamfer, sineol, metil sinamat, dan hidromirsen), damar, pati, saponin, flavonoid pinostrolerin, dan alipinetin.
Adapun khasiat dari tanaman temukunci sebagai obat antara lain: obat, masuk angin, perut kembung, sukar buang air kecil, gatal-gatal, keputihan, panas dalam, tuberculosis, obat kanker, asma,radang amandel, penyakit kuning, radang usus buntu, radang rahim,sembelit,nyeri perut,trakoma, borok gatal, gigi,demam nifas,dan disentri.
9. Temugiring (Curcuma heyneana Val.)
Temugiring termasuk tanaman rimpang yang dikenal di Jawa dengan nama daerah temugiring atau temureng. Kandungan bahan aktif yang terdapat dalam temugiring anatara lain: minyak asiri,amilum, damar, flavonoida, tanin, zat pahit dan senyawa kurkumin yang dapat memberi warna kuning.
Khasiat sebagai obat antara lain adalah untuk obat penenang, peluruh cacing, kulit terkelupas, mendinginkan badan, membersihkan darah, disentri, penyakit kulit, bau badan, dan bahan kosmetik
10. Temu Mangga (Curcuma Mangga Val.)
Temu mangga masih termasuk satu famili dengan jahe (Zingiberaceae). Nama daerah dari temu mangga adalah kunir putih, temu bayangan, temu putih, temu poh (Jawa), koneng joho, koneng lalap, koneng pare( Sunda), temu pao (Madura). Temu mangga memiliki bahan aktif antara lain: minyak asiri, amilum, tanin, gula dan damar.
Khasiat temu mangga adalah sebagai pencahar, menyempitkan vagina, pelangsing tubuh, penambah nafsu makan, penguat syahwat, penangkal racun, penurun panas, bronchitis, asma, sakit pinggang, penguat lambung.  
(Ags.  sumber: Katalog Tanaman Obat. Direktorat Jenderal Produksi Hortikultura dan Aneka Tanaman , 2000)