Minggu, 10 Februari 2013

Kandungan dan Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan



cengkeh
Kandungan dan Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan
Cengkeh  (Eugenia aromaticum) yang dalam bahasa inggris di sebut Cloves, adalah tangkai bunga kering dari beraroma dari keluarga pohon Mirteciae. Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia dan merupakan flora identitas provinsi Maluku Utara, karena dari zaman dahulu tanaman cengkeh lebih banyak tumbuh dan dibudidayakan didaerah ini.


Tanaman cengkeh Indonesia sudah sangat terkenal semenjak zaman penjajahan. Cengkeh memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan.
Tanaman cengkeh memiliki banyak manfaat, selain sebagai rempah-rempah (bumbu masakan) tanaman cengkeh  juga dapat digunakan untuk pengobatan. 

Kandungan Cengkeh
Cengkeh selain mengandung minyak atsiri, juga mengandung senyawa eugenol, asama olenolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin, dan gom. 

Manfaat Cengkeh
Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi sebagai anastetik dan antimikroba. Minyak cengkeh dapat diguna untuk menghilangkan bau napas dan menghilangkan sakit gigi. Zat eugenol digunakan dokter gigi untuk menenangkan syaraf gigi. Manfaat cengkeh yang lain mengatasi gangguan pencernaan, muntah karena lambung dingin, sakit perut, mual, sakit di dada dan perut, sakit gigi, batuk, masuk angin, penghangat badan, perut mulas sewaktu haid, rematik, dan pegal linu. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar