Rabu, 20 Februari 2013

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Kanker



Manfaat daun sirsak kini semakin banyak dikenal. Coba simak beberapa informasi terkait daun sirsak berikut ini :


Nama umum : Buah Sirsak / Sirsat
Nama Latin : Annona muricata L
Nama Lain : Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda),
Guanabana (Spanish), Graviola (Protugues).
Kandungan gizi dan kegunaan buah, bunga, biji, daun sirsak / sirsat untuk kesehatan terutama pengobatan jenis penyakit kanker, mengobati sakit pinggang, bayi mencret, ambeien, bisul, bisul, liver dan rematik.
Kandungan Gizi buah sirsak, yaitu: Buah sirsak terdiri dari 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah, dan 4% inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak adalah karbohidrat. Salah satunya yaitu gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6 % dari kandungan gula total.

manfaat daun sirsak
manfaat daun sirsak
Buah sirsak mengandung sedikit lemak (0,3 g / 100 g ), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asamnya berasal dari asam organic non volatile, yaitu asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat. Vitamin yang sangat berdominan yaitu vitamin C, karena sekitar 20mg per 100 gram daging buah. Kita membutuhkan vitamin C per hari yaitu 60mg. hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak kisa sudah terpenuhi vitamin C. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan dayatahan tubuh dan memperlambatan proses penuaan (awet muda).
Mineral yang cukup dominant adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. keduanya sangat penting untuk pembentukan masa tulang, dan berguna untuk membentukan tulang yang kuat serta menghambat terjadinya osteoporosis.
Selain penuh dengan komponen gizi , buah sirsak kaya akan komponen non gizi, yaitu mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah, dengan mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak memenuhi 13% kebutuhan serat pangat sehari. Buah sirsak merupakan buah akan kaya senyawa fitokimia. Sudah dipastikan jika buah tersebut sangat banyak manfaat bagi kesehatan.
Senyawa fitokimia tersebut memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Manfaat sirsak untuk terapi yaitu pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Kandungan seratnya berfungsi sebagai memperlancar pencernaan, terutama pengobatan sembelit (susah buang air besar).
Hasil riset beberapa Universitas membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini kaya akan manfaat untuk berbagai penyakit:
  1. Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti terjadi saat terapi kemo.
  2. Melindungi sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
  3. Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.
  4. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker usus besar, payudara, prostate, paru-paru, dan pancreas.
  5. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat partumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo.
  6. Tidak seperti terapi kemo, sari buahnya secara selektif hanya membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel jahat.

Resep pengobatan tradisional dengan buah dan daun sirsak :

1. Pengobatan kanker
10 lembar daun sirsak yang tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu.
2. Sakit Pinggang
Siapkan 20 lembar daun sirsak, rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, minum 1 klai sehari ¾ gelas.
3. Bayi Mencret
Buah sirsak yang sudah masak, kemudian diperas dan disaring ambil airnya, minumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
4. Ambeien
Buah sirsak yang sudah masak. Peras lalu ambil airnya sebanyak 1 gelas, minum 2kali sehari, pagi dan sore.
5. Bisul
Ambil daun sirsak yang masih muda, lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul.
6. Anyang-anyangen
Setengah masak buah sirsak dan berikan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula dan air sebanyak 2 gelas, disaring lalu diminum.
7. Sakit Kandungan Air Seni
Setengah masak buah sirsak, berikan gula dan garam secukupnya. Semua bahan dimasak dibuat kolak, lalu dimakan biasa dan lakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
8. Penyakit Liver
Hanya minum jus sirsak selama 1(satu) minggu, dan puasa makanan lainnya.
9. Rematik
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar