Selasa, 02 April 2013

Manfaat Tanaman Sambiloto untuk Tubuh Kita ?



Sambiloto memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata juga dikenal sebagai Andrographis adalah tanaman herba, Andrographis genus, milik keluarga Acanthaceae, asli India dan Sri Lanka. Telah digunakan dalam Siddha tradisional dan Ayurvedic dalam mengobati pilek, flu, infeksi pernapasan atas, penyakit menular, asam urat, diare, disentri, kolera, pneumonia, pembengkakan kelenjar getah bening, kusta, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, cacar air, dll

Manfaat Tanaman Sambiloto untuk Tubuh

  • Menyembuhkan Rematik
Sambiloto memiliki kandungan Andrografolida, suatu senyawa ekstrak dari Andrographis telah memberikan efek anti-pertumbuhan dan pro-apoptosis sehingga mungkin memiliki potensi digunakan dalam mengobati Rheumatoid arthritis (RA) adalah gangguan kronis inflamasi sistemik yang dapat mempengaruhi banyak jaringan dan organ, tetapi terutama menyerang sendi fleksibel (sinovial). Penyakit ini sering juga disebut rematik.

  • Sebagai Suplemen Hati (Liver)
Sambiloto secara klinis memiliki kandungan S. chirayita yang bermanfaat sebagai perlindungan terhadap penyakit hepatitis.

  • Pencegah Kangker
Tanaman Sambiloto dikenal sebagai tanaman yang memiliki kandungan zat antioksidan, zat ini dapat berfungsi melindungi sel dari bahayanya radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu peyebab timbulnya penyakit kangker.

  • Pencegah Maag
ekstrak hydroalcoholic dari Sambiloto bermanfaat mengurangi keasam lambung. Sehingga obat herbal yang berkomposisikan Sambiloto sangat aman dikomsumsi oleh orang yang memiliki sakit Maag.

Jika Anda ingin mengkomsumsi produk – produk obat herbal yang ada dipasaran, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter. Tidak semua obat herbal memiliki efek positif untuk tubuh kita tetapi ada juga zat – zat yang memberikan efek sebaliknya.

Gejala Asam Urat dan Pengobatannya

Gejala Asam Urat dan Pengobatannya
Gejala Asam Urat dan Pengobatannya - Efek dari asam urat tinggi dalam darah bisa sangat parah. Asam urat tinggi dalam darah menyebabkan kristal asam urat dalam sendi yang menyebabkan rasa sakit luar biasa. Dan sekali setelah mengalami serangan asam urat, ada peluang untuk memiliki serangan berulang yang dapat menyebabkan sendi dan ginjal rusak.

Asam Urat biasanya dimulai dengan pembengkakan pada sendi jempol kaki, yang disebut hallux. Beberapa gejala asam urat adalah peradangan pada sendi yang terkena, akan terasa nyeri dan kemerahan pada daerah yang telah terjadi Asam Urat, kekakuan pada sendi yang terkena, dan pembengkakan di sekitar sendi yang terkena.

Beberapa gejala atau tanda-tanda lain dari Asam Urat dapat ditemukan di seluruh tubuh ini mungkin termasuk rasa sakit dan bengkak di berbagai bidang seperti: jempol kaki, bola kaki, lengkungan kaki, pergelangan kaki, lutut, ruas jari, pergelangan tangan, siku, dan pinggul. Beberapa tanda-tanda yang lebih jelas bahwa asam urat terjadi adalah: arthritis Asam Urat (benjolan keras yang berada di bawah kulit dan terjadi di sekitar sendi yang terkena), Hyperuricemia, benjolan kulit, arthritis dari satu sendi, serangan arthritis yang cepat onset, dan serangan arthritis berulang.

Ketika menyentuh jari kaki yang telah dipengaruhi oleh Asam Urat itu sangat menyakitkan atau menjaganya agar tetap tertutup itu dapat menjadi kan lebih menyakitkan. Asam Urat adalah penyakit di mana gejala berkembang pada kecepatan yang cepat. Banyak sekali gejala terjadi pada satu hari dan umumnya hanya terjadi pada satu sendi pada suatu waktu.

Jika gejala Asam Urat berkembang dalam dua atau tiga sendi pada saat yang sama. Jika gejala tidak diobati dan itu adalah Asam Urat yang sangat serius, harus secepatnya diobati karena asam urat secara permanen dapat merusak sendi dan bahkan menyebabkan kecacatan. Inilah sebabnya mengapa hal itu penting untuk tidak menunda dalam mendapatkan perawatan medis. Jika Anda merasa Anda memiliki tanda – tanda gejala Asam Urat tentu saja tindakan terbaik adalah membuat janji dengan dokter sesegera mungkin.

Beberapa Cara Mendiagnosis Penyakit Asam Urat :

Riwayat medis dan pemeriksaan fisik - dokter Anda harus melihat sejarah keluarga dan riwayat kesehatan pribadi. Sebuah indikasi yang jelas dari Asam Urat yang merupakan benjolan di bawah kulit, serta kulit yang mengalami kemerahan di atas daerah yang terkena. Ada beberapa kondisi khusus di mana gejala-gejala terjadi sehingga pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh.

Tes darah - Sebuah tes darah adalah penting karena dapat menentukan jumlah kadar asam urat dalam darah. Namun, hal ini tidak selalu merupakan metode terbaik untuk mendiagnosis Asam Urat, seperti asam urat tinggi dalam darah tidak selalu berarti Anda memiliki Asam Urat.

X-Rays – Mendiagnosis dengan metode x – ray, alat ini dapat melihat pengkristalan didalam sendi. Dokter akan mendiagnosis pengendapan Kristal daerah yang sering terjadi penumpukan Kristal asam urat.

Arthrocentesis - Metode yang paling dapat diandalkan mendiagnosis Asam Urat yaitu dengan menggunakan arthrocentesis. Pada dasarnya sampel dari cairan sinovial diambil dari sendi yang terkena asam urat diambil dengan cara menyuntikkan jamrum suntik. Cairan sinovial kemudian dilihat dengan mikroskop dan jika ada kandungan monosodium (MSU) berarti 90% anda terkena asam urat.

Berbagai Macam Metode Pengobatan Asam Urat

Gejala Asam Urat dan Obatnya - Asam Urat adalah penyakit yang sangat umum yang sebagian besar terjadi pada usia lanjut, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu karena industri obat telah menemukan banyak obat Asam urat. Ada banyak cara yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah Asam Urat seperti diet dan mengubah gaya hidup. Ada banyak obat yang tersedia di pasar yang membantu Anda untuk mengatasi masalah asam urat dari tubuh. Saya ingin menyarankan Anda bahwa sebelum pengobatan untuk Asam Urat, Anda harus tahu semua hal tentang gejala Asam Urat seperti nyeri, pembengkakan dan kemerahan pada jari kaki, jari sendi yang terkena adalah tanda-tanda utama dari Asam Urat.

Setiap tahun, jumlah penderita asam urat di seluruh dunia meningkat meskipun banyak sumber informasi tentang penyakit tersebut. Banyak orang yang mengira penyakit Asam Urat identik dengan rematik dan radang sendi karena penyakit ini juga terkait dengan radang sendi.

Obat herbal jauh lebih terjangkau , mereka cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ketika monosodium urat juga dikenal sebagai asam urat, mengeras atau mengkristal di sekitar sendi dari pergelangan kaki dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat secara tiba-tiba. Sirkulasi darah dalam daerah kaki kurang dan sehingga kristal asam urat cenderung menempel pada sendi pergelangan kaki dan jempol kaki, sehingga menyebabkan asam urat. Kaki biasanya dingin dan begitu dengan suhu yang lebih rendah.

Jika Anda sering makan makanan laut, daging organ, dan junk food, Anda akan rentan terhadap penyakit ini. Yang paling banyak risiko adalah laki-laki tua dan mereka dengan riwayat Asam Urat dalam keluarga. Perempuan lebih sedikit terkena penyakit asam urat. Orang yang minum alkohol terlalu banyak juga rentan mengalami asam urat.

Ada dua jenis pilihan pengobatan Asam Urat yaitu secara alami dan obat kimia tetapi obat kimia terkadang menunjukkan efek samping, sehingga sebagian besar pasien Asam Urat lebih memilih obat asam urat yang bagus dengan olahraga atau cara alami, yang efektif dan menunjukkan hasil yang tepat waktu. Anda bisa melakukan perawatan secara mandiri jika Anda memilih metode pengobatan secara herbal tetapi Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter. Yang paling penting pasien harus memiliki banyak informasi tentang metode pengobatan Asam Urat yang benar.

Manfaat dari Diet untuk Penderita Asam Urat

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika diet untuk penderita asam urat secara disiplin. Meliputi:

Pengurangan nyeri

Salah satu alasan utama mengapa pasien harus makan makanan yang disarankan yaitu dapat mengurangi rasa sakit. Rasa sakit di Asam Urat biasanya disebabkan oleh protein berlebih yang mengkristal di sendi. Diet untuk penderita Asam Urat pengganti makanan purin tinggi seperti daging merah, Ini berarti bahwa tidak akan ada kelebihan protein dalam aliran darah.

Meningkatkan kesehatan tubuh secara umum

Diet untuk penderita asam urat biasanya berisi makanan benar-benar alami. Misalnya, minuman beralkohol yang diganti dengan banyak minum air putih, makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi diganti dengan sereal, makanan instan yang ditukar dengan kacang-kacangan dan buah dll Makanan ini tidak hanya membantu dalam mengobati Asam Urat tetapi juga meningkatkan kesehatan umum pasien.

Melawan efek dari makanan berbahaya

Makanan yang diketahui menyebabkan Asam Urat juga menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya. Diet untuk penderita asam urat tidak hanya membantu dalam mengobati asam urat, tetapi juga melawan efek dari makanan tersebut. Misalnya, diet untuk penderita asam urat dianjurkan komsumsi banyak sumber vitamin c yang tidak hanya mengurangi gejala Asam Urat tetapi juga mencegah masuk angin dan berbagai macam kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diet untuk tidak memakan makanan yang berlemak mengurangi resiko terkena penyakita kolesterol tinggi, dan masih banyak lainnya manfaat dari diet ini. Singkatnya, diet untuk penderita asam urat akan meningkatkan kualitas hidup setiap pasien secara keseluruhan.

Obat Herbal untuk Penyakit Asam Urat

Obat herbal tidak hanya murah tapi sangat efektif. Anda bisa mencoba komsumsi obat herbal dari daun Salam yang mujarab menyembuhkan penyakit asam urat atau Anda bisa minum jus buah jeruk segar dua kali sehari. Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa jus jeruk meningkatkan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C dapat menurunkan asam urat sehingga mencegah Asam Urat. Beberapa resep obat tradisional untuk asam urat :

Khasiat Daun Salam - Obat herbal tradisional Daun Salam baik bagi pengobatan beberapa penyakit,
seperti :
• Sebagai obat alami untuk diare
• Mengatasi lambung yang lemah akibat dari sakit maag
• Mengendalikan tekanan darah rendah atau darah tinggi
• Sebagai obat alami untuk membantu menurunkan berat badan
• Pengobatan untuk kolesterol tinggi
• Untuk mengatasi mabuk alkohol
• Memiliki sifat sebagai antijamur, zat anticacing, dan antibakteri
• Sebagai sumber folat yang baik
• Sebagai media hipoglikemik atau pengontrol kadar glukosa dalam darah
• Mengobati penyakit maag Sebagai obat untuk mengatasi diabetes mellitus
• Mengurangi nyeri pada penderita asam urat tinggi

Resep ramuan tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi asam urat yang tinggi, caranya dengan merebus 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum tiap pagi dan sore.

Untuk pencegahan, 7 lembar daun salam direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. minum tiap hari satu gelas.

Pantangannya : jangan mekomsumsi makanan yang ber-purin tinggi.
Contohnya : makanan laut, daging organ dalam, dan junk food.


Tanaman / Tumbuhan dan Buah – Buahan yang Baik dikomsumsi Penderita Asam Urat

Penderita asam urat sangat dianjurkan untuk melakukan diet sehingga dapat mengkontrol kadar asam urat dalam darah. Diet yang dilakukan yaitu tidak boleh memakan makanan yang mengandung purin tinggi. Daging, Ikan, Buah dan tanaman sayur yang kita komsumsi semua mengandung purin tetapi ada sebagian buah yang sedikit terkandung purin. Apa saja itu ? kita akan membahasnya lebih detail.

Berikut adalah daftar makanan yang tinggi purin, sehingga menyebabkan asam urat: kaldu, otak, angsa/bebek, sarden, sayuran kering, udang, jantung, hati, dan banyak lainnya. Selain itu, alkohol juga diketahui mengandung tinggi purin. Bayam, jamur atau asparagus mempengaruhi tubuh manusia dan dapat menyebabkan asam urat. Batasi asupan protein Anda. Makanan seperti tahu, telur, produk susu, kacang-kacangan cenderung mengandung kadar tinggi purin yang menyebabkan asam urat berlebih dalam tubuh Anda.

Berikut beberapa makanan yang aman dikomsumsi: susu rendah lemak, tinggi vitamin C, karbohidrat kompleks (misalnya roti, sereal, pasta, beras, dll), asam lemak esensial (misalnya tuna, salmon, biji), ceri, stroberi, blueberry, anggur. sayuran yang dianjurkan terutama mengandung flavonoid apigenin. Apigenin ditemukan dalam sayuran seperti peterseli, thyme dan peppermint. Berry hitam juga dianjurkan bagi penderita asam urat.

Minum 8 sampai 16 gelas cairan setiap hari. Air adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kadar asam urat. Air memiliki efek mengurangi kadar asam urat yang juga akan membuatnya lebih mudah bagi ginjal untuk menyaring asam keluar dari darah dan menurunkan kemungkinan penumpukan asam urat pada sendi.

Tanaman / Tumbunhan untuk obat asam urat

Tanaman Sambiloto - Sambiloto memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata juga dikenal sebagai Andrographis adalah tanaman herba, Andrographis genus, milik keluarga Acanthaceae, asli India dan Sri Lanka. Telah digunakan dalam Siddha tradisional dan Ayurvedic dalam mengobati pilek, flu, infeksi pernapasan atas, penyakit menular, asam urat, diare, disentri, kolera, pneumonia, pembengkakan kelenjar getah bening, kusta, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, cacar air, dll

Tanaman Kumis kucing - Kumis kucing adalah tanaman herbal tradisional yang telah lama dikenal sebagai obat yang berkhasiat sebagai penghancur batu di saluran kencing. Rasanya manis tapi sedikit pahit namun sekarang tak sedikit orang yang suka menanam tanaman obat-obatan seperti ini di halaman atau dipekarangan rumah. Garam kalium terkandung dalam tanaman ini sangat bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal, karena tanaman ini banyak digunakan sebagai obat penghancur batu ginjal. kandungan sinsetin-nya juga bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat Urin.

Daun Salam - Daun Salam lebih di kenal sebagai bumbu masak karena sebagai penyedeap rasa atau bumbu dapur. Ternyata di sisi lain Daun salam juga dapat digunakan sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit Asam urat, dengan rasa yang kelat dan bersifat astringent. Senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk membuat obat tradisional daunnya lebih banyak digunakan tetapi akar, kulit dan buahnya pun juga berkhasiat sebagai obat.



http://jamuasamuratherbal.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar